Selasa, 24 September 2013

Menginap dan Makan di Geylang Singapura ala Pelancong Backpacker


Jaringan Hotel 81 bisa kita jumpai di Lorong 8, Lorong 12, dan Lorong 20 Geylang. Sore hingga malam hari, Geylang Road pada ruas antara Lorong 1 dan Lorong 3 adalah surga bagi kuliner penikmat jenis makanan steamboat. Trotoar di depannya pun berubah fungsi menjadi tempat makan bagi para pengunjung. Kesimpulannya: tak ada yang sulit untuk mencari penginapan maupun tempat makan di Geylang. Tunggu dulu; kesimpulan itu belum tentu berlaku bagi pelancong backpacker (turis ransel). Prioritas hemat akomodasi dan konsumsi membuat kita perlu mencari alternatif yang lebih pas untuk mendukung keinginan kita untuk berjalan-jalan di Singapura. Berikut adalah pengalaman menginap dan makan di Geylang ala turis ransel pertengahan September 2013 ini.

Kallang River Back Packers

Penginapan Kallang River - Jalan Ayer 















City Backpackers Hostel - Lor 1 Geylang

Saya menjumpai dua penginapan yang terletak di seberang Stasiun MRT Kallang: Kallang River Backpackers (Jalan Ayer 8) dan City Backpackers  (Lorong 1 Geylang No. 12). Keduanya dikelola manajemen yang sama dan hanya berjarak sekitar tiga bangunan rumah. Resepsionisnya terlihat beberapa kali mondar-mandir di kedua penginapan ini. 

Teras Kallang - ada fasiltitas wifi


Saya memilih untuk menginap di Kallang River Backpackers (Kallang), tempat di mana resepsionis lebih sering berjaga ketimbang di penginapan satunya. Tarif menginap semalam yang dikenakan adalah sebesar Rp. 112,428,-  yang saya pesan melalui Agoda pada 3 Juli 2013. Ini adalah harga satu tempat tidur di dalam kamar yang berisi tiga ranjang susun. Total tempat tidur sekamar ada enam dan penghuninya campur pria dan wanita.

Kallang: 6 Bed Mix Room - Ber-AC tanpa Jendela

Kallang: Locker di dalam Kamar

Pada saat kedatangan, kita akan diminta deposit SGD 10 yang akan dikembalikan saat kita check out. Penginapan menyediakan locker di dalam kamar. Kamar ber-AC.Kamar mandi terletak di luar (kamar mandi bersama) dan tersedia air hangat.

Di teras kamar terdapat beberapa set meja kursi, rak peralatan makan, dan tempat cuci peralatan makan. Di sini kita bisa menikmati fasilitas air panas/dingin dan minum teh. Setiap pagi tersedia sarapan roti selai. Depan teras adalah area terbuka. Sambil menikmati makan/minum di teras, kita bisa menikmati semilir angin, berselancar dengan fasiltias wifi, dan melihat lalu lalang MRT tepat di depan mata.  


Kallang: Tempat Sarapan, Ambil Minum, dan Dapur


Dari tempat menginap, kita beralih ke temat makan di Geylang. Berikut tiga tempat yang saya kunjungi selama melancong pada pertengahan September 2013 ini.

Imam Banana Leaf Restaurant

Imam Banana Leaf Restaurant 24 jam

Restoran ini terletak di pertigaan Lorong 1 Geylang dan Jalan Ayer, berselang dua rumah di sisi kiri penginapan. Ada sebutan Banana Leaf karena menu yang kita pesan akan disajikan dengan lambaran daun pisang. Ini adalah restoran India yang memberikan pelayanan 24 jam. Rata-rata harga makanan adalah SGD 5. Tersedia juga buah dan aneka roti. Pembayaran langsung dilakukan begitu makanan pesanan tersaji di meja. Di tempat ini saya mencicipi makan malam nasi goreng seharga SGD 3,5.


Menu Banana Leaf Restaurant

Banyak Pilihan di Banana Leaf Restaurat


Nasi Goreng dengan Lambaran Daun Pisang seharga SGD3,5

Eating House

Eating House (Baliho Hijau) di Geylang Road
“Authentic Nasi Padang – Best Mee Rebus in Singapore”, itulah brand yang diusung oleh Rumah Makan Eating House yang terletak di Geylang Road. Kemungkinan terletak di bangunan nomor 125, namun yang jelas ia berada di ruas Geylang Road antara Lorong 1 dan Lorong 3. Dilihat dari gelagatnya, ini adalah tempat makan makanan halal. Beberapa tamu berjilbab terlihat bersantap di sini.

Teras Eating House - Suasana Sarapan

Eating House: Display Menu 

















Eating House: Daftar Menu & Harga

Tempat makan ini hanya buka pagi sampai siang hari. Saya sempat menikmati sarapan pagi nasi uduk seharga SGD 3. 


Eating House : Nasi Uduk SGD 3

G5 Food House

G5 Food House - di Dekat Lokasi Parkir Apartemen 
Ini semacam kantin di kompleks parkiran apartemen di Sim Ave, namanya: Jalan Besar Town Council – Heart and Home. Persisnya berada di halte bis Sim Ave B03, sejajar dengan rel MRT tak jauh dari Stasiun Kallang ke arah Stasiun Aljunied. Kantin melayani pembeli dari siang hari sampai dengan malam hari. Banyak sopir taxi yang makan di tempat ini.

Suasana Makan di G5 Food House
Ada beberapa counter penjual makanan di tempat ini, baik makanan halal maupun non-halal. Rata-rata harga makan adalah SGD 4 per porsi. Di tempat ini saya mencicipi makan siang Pork Ribs Rice seharga SGD 3.


Pork Ribs Rice SGD 3

Itulah sekelumit cuplikan pelancongan singkat akhir pekan di Singapura di pertengahan September 2013.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar